Jejaring Sosial

Pengertian Jejaring Sosial

        Kita tentu sering mendengar atau bahkan menggunakan Facebook, Twitter, Friendster dan lain-lain. Facebook, Twitter, Friendster merupakan macam-macam bentuk jejaring sosial. Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.

        Situs jejaring sosial (social network sites) merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut (sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_jejaring_sosial).

        Menurut saya situs jejaring sosial adalah suatu sarana berkomunikasi berbasis pelayanan dengan internet yang memungkinkan penggunanya membuat profil diri, mengirim pesan, dan berinteraksi dengan teman bahkan orang yang tidak dikenal.

 

Dampak Positif

Jejaring sosial mempermudah seseorang untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain walaupun terpisah jarak yang jauh, sarana berekspresi dan berpendapat, mempermudah share suatu informasi, dan sarana promosi dagang, komunitas, dan lain-lain.

 

Dampak Negatif

Dampak negatifnya adalah membuat kurangnya interaksi secara langsung (bertatap muka) dengan orang lain, menurunnya produktifitas kinerja seseorang karena akan sibuk menggunakan jejaring sosial dibandingkan bekerja, berkurangnya perhatian pada keluarga, terjadinya kesalahpahaman dan membuat seseorang boros karena jika tidak bisa mengendalikan diri untuk menggunakan jejaring sosial yang berbayar karena penggunaan internet maka orang itu akan menghabiskan banyak uang untuk hal ini.

 

Macam-macam Situs Jejaring Sosial

Gambar

  1. sixdegrees.com (1997)
  2. lunarstorm.se (1999)
  3. livejournal.com (2000)
  4. MySpace (http://www.myspace.com/)
  5. Facebook (http://www.facebook.com/)
  6. Windows Live Spaces (http://spaces.live.com/)
  7. Friendster (http://www.friendster.com/)
  8. hi5 (http://www.hi5.com/)
  9. Flickr (http://www.flickr.com/)
  10. Orkut (http://www.orkut.com/)
  11. Flixster (http://www.flixster.com/)
  12. Multiply (http://www.multiply.com/)
  13. Netlog (http://www.netlog.com/)
  14. Koprol (http://www. koprol.com/)
  15. http://www.kombes.com/

 

Sumber :          http://id.wikipedia.org/wiki/Jejaring_sosial

                         http://id.wikipedia.org/wiki/Jejaring_sosial

                         http://www.scribd.com/doc/78363152/Pengertian-Jejaring-Sosial

Tinggalkan komentar